Kevin Media (Kevin Ikhwan Muhammad)


RISALAH
JUARA II LOMBA KTI UNIVERSITAS UDAYANA 2013
Wah perjuangan tiga sekawan peneliti akhirnya mendapatkan hasil yang sudah di impikan, para pejuang ini adalah Kevin Ikhwan Muhammad, Nur Cahya Rieza Pradhana, Aldian Noor Qolbi. Memulai meniti karir sebagai peneliti dari perekrutan calon-calon peneliti Karya Ilmah MAN Negara yang di pimpin oleh Ibu Lilik Muntamah, meskipun baru berkecimpung di dunia karya ilmiah tiga sekawan ini sudah mampu untuk mencetak prestasi yang sangat membanggakan yakni sebagai juara II Lomba karya Tulis ilmiah Universitas Udayana, prestasi ini merupakan pertama kalinya dari dua event yang telah di ikuti sebelumnya.
Dalam proses pengerjaannya mereka harus rela tidak merasakan nikmatnya liburan bersama keluarga dan teman-teman, bahkan waktu yang seharusnya mereka gunakan untuk liburan itu mereka penuhi dengan mencari serangga dari subuh sampai terik matahari, sampai-sampai harus memanjat tangga setinggi dua meter selama berjam-jam untuk menghitung dan memilih data serangga secara tepat dan pasti dan proses penelitian ini dilakukan secara berulang-ulang setiap hari selama tiga minggu di lingkungan sekolah MAN Negara, walaupun mereka sangat sibuk tetapi mereka tidak pernah lupa dengan pelajaran setiap ada waktu istirahat dalam penelitian, mereka langsung bergegas menuju kelas untuk mengikuti proses belajar mengajar seperti biasa, tetapi jika tidak sempat untuk ke kelas mereka memilih untuk tetap membaca buku karena mereka tidak mau ketinggalan pelajaran, mereka bertiga telah membuat sebuah prinsip bahwa belajar adalah prioritas utama dibandingkan dengan penelitian.
Menurut mereka pengalaman paling berkesan saat penelitian adalah ketika mereka harus terpaksa menginap di rumah Ibu lilik muntamah untuk menyelesaikan makalah yang harus di selesaikan dengan waktu yang tinggal sedikit, pada saat itu mereka tidak tidur semalaman sampai akhirnya tidur hanya 30 menit dari pukul 4:30 hingga pukul 5:00 pagi.  
Ketika makalah selesai dikirim, mereka pun harus menunggu selama dua minggu untuk mengetahui hasilnya. Tanpa disangka di hari yang sama saat pengumuman salah satu dari pejuang tiga sekawan ini sedang berduka tapi kedukaan itu di lawan dengan kabar gembira karena makalah yang mereka kirim ternyata lolos dan masuk final, kesedihan yang dirasakan pun berkurang, setelah itu mereka bertiga berkumpul kembali untuk mempersiapkan presentasi karya ilmiah dan setelah meminta restu dari orang tua, guru-guru serta kepala sekolah mereka berangkat ke Universitas Udayana yang tepatnya di bukit Jimbaran.
Setelah mengikuti lomba dan ternyata hasilnya sangat mengejutkan, mereka mendapatkan juara II dalam ajang perlombaan ini yang diikuti oleh peserta dari Jawa Timur, Bali , dan Nusa tenggara. Tentunya ini adalah prestasi yang sangat membanggakan bagi mereka juga mengharumkan nama baik sekolah, ini membuktikan bahwa hal yang besar bukan tidak mungkin untuk kita capai, jangan ragu untuk bermimpi karena tiga pejuang ini juga awalnya dari bermimpi yang diiringi dengan semangat dan kerja keras sehingga apa yang diimpikan itu dapat di raih dengan kebanggaan yang luar biasa. (kevin)
0 Responses

Post a Comment